Kitchen Set Bersih dan Sehat Malang

 Tips Agar Dapur Bersih dan Sehat

 
Bagi Anda yang sudah berkeluarga, terutama mereka yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, tentunya dapur menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi setiap harinya. Ya, dapur merupakan tempat tepat untuk mengolah makanan, menyimpan makanan, memasak, mencuci peralatan makan dan memasak, dan masih banyak lagi. Dapur menjadi salah satu kunci kebahagiaan keluarga. Saat dapur selalu ramai aktivitas memasak, maka keluarga pun akan semakin bahagia. Ya, suami dan anak-anak tentunya sudah menantikan masakan dan jamuan Anda setelah mereka lelah bekerja dan menimba ilmu seharian.Tentunya dapur yang ramai ini harus diimbangi dengan kebersihan dan kesehatan agar menu makanan yang dikonsumsi Anda dan keluarga terjamin kebersihan dan kesehatannya.
Dapur Bersih dan Sehat, Keluarga Sehat dan Bahagia
Tahukah Anda bahwa ada pepatah mengatakan You are what you eat, Anda adalah apa yang Anda makan. Ya, tentu saja kelangsungan hidup dan kesehatan Anda sangat tergantung dari apa saja yang masuk ke dalam tubuh Anda, yakni makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Penyakit-penyakit mengerikan seperti ginjal, diabetes, tekanan darah tinggi, dan berbagai penyakit dalam lainnya bukan disebabkan faktor eksternal seperti bakteri dan virus. Lalu apa yang menyebabkan penyakit tersebut muncul? Apalagi kalau bukan pola makan dan gaya hidup Anda. Untuk itu, mengkonsumsi makanan yang bergizi sangatlah penting dan tentunya harus diimbangi dengan kebersihan dan kesehatannya.
Ya, tentunya percuma saat Anda menyajikan makanan yang lezat dan bergizi namun tidak bersih dan penuh dengan bakteri. Untuk itu, Anda para ibu rumah tangga sangat berperan sekali dalam menjaga hal ini. Anda adalah penentu kebahagiaan keluarga, yang dalam hal ini berarti Anda sangat berperan penting dalam menyajikan hidangan harian yang bergizi, enak, bersih dan sehat. Tentu saja hal ini dimulai dari dapur Anda, sehingga menciptakan dapur yang bersih dan sehat sangat Anda perlukan.
Menciptakan Dapur yang Bersih dan Sehat
Beberapa dari Anda mungkin hobi memasak, namun tidak hobi membersihkannya. Ya, membersihkan dapur bukanlah perkara yang mudah. Membutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk melakukannya. Berikut ini beberapa tips bagi Anda yang hendak menciptakan dapur yang bersih dan sehat :
1. Bersihkanlah alat memasak sampai bersih sehabis Anda memakainya dan keringkan airnya di suatu keranjang atau semacamnya. Hal ini tentunya selain membuat dapur Anda tampak rapi juga menghindarkan dapur Anda dari sarang penyakit.
2. Bersihkanlah kompor dan dinding dapur di sekelilingnya dengan menggunakan pembersih khusus dapur. Noda yang tertinggal di sekeliling kompor setelah Anda memasak akan menimbulkan bau tak sedap dan tentu saja beresiko menjadi sarang kuman.
3. Perhatikanlah lap yang Anda pakai. Lap atau serbet yang Anda gunakan untuk mengeringkan cucian piring tentunya harus berbeda dengan serbet yang digunakan untuk mengelap tangan Anda saat memasak. Hal ini tentunya agar kotoran yang menempel pada tangan Anda tidak berpindah ke piring yang sudah Anda bersihkan.
4. Perhatikanlah cara mengelola sampah sisa makanan. Buanglah sisa makanan seperti nasi, sayur dan lauk sisa ke dalam plastic kecil dan bungkus rapat-rapat. Jangan Anda campur sampah makanan sisa ini dengan sampah lainnya karena selain akan menimbulkan bau tak sedap, Anda pun membantu para pengelola sampah dalam mengelola sampah.
5. Pindahkanlah makanan yang baru selesai Anda masak ke dalam piring atau wadah dan cuci wajan Anda hingga bersih. Setelah selesai menyantap masakan Anda, sebaiknya letakkan masakan ke wadah tertutup agar bebas dari resiko semut, tikus dan lalat.
6. Jangan terlalu lama menyimpan makanan jadi hingga berhari-hari karena tentunya makanan sudah tidak layak konsumsi lagi.
7. Tempatkanlah sampah kering seperti plastic, bungkus mie instan, dan botol plastic pada wadah yang berbeda dengan sampah basah seperti sayuran, kulit buah, sisik ikan dan masih banyak lagi. Keluarkanlah sampah selama satu hari tersebut di tempat sampah luar rumah Anda agar tidak menimbulkan bau busuk dan menyebarkan bakteri.

Duta Meubels  
dutameubels@gmail.com 
085103716644