TENTANG LAYOUT DAPUR | JUAL KITCHEN SET MALANG

Duta Meubels  
dutameubels@gmail.com 
085103716644
duta meubels

Harus diakui bahwa dapur merupakan sebuah ruangan penting dalam sebuah rumah. Tempatnya, memang hampir selalu di belakang, tapi ada juga yang mendesainnya di samping taman atau bersebelahan dengan garasi.
 
duta meubels

Dalam mendesain dapur, sebenearnya ada beberapa layout dasar yang bisa dijadikan rujukan. Sebut saja layout dapur satu dinding. Untuk ukuran ruang yang sempit dan terbatas dapur satu dinding atau satu sisi merupakan bentuk dapur yang ideal. Pada layout ini peralatan dapur dan lemari menempel pada salah satu sisi dinding.
duta meubels

Berikutnya ada Galley layout, desain dapur ini meniru dapur yang ada di kapal laut atau pesawat terbang. Ciri paling khas dari desain ini ruang yang kecil tapi efektif. Sedangkan letak lemari dapur dan peralatan dapur berhadapan.
duta meubels

Ada pula dapur yang dirancang dengan layout ‘U’, di mana orang yang melakukan kegiatan masak- memasak sangat dimanjakan dan tidak terganggu oleh orang yang lalu lalang. Layout ‘U’ dengan ruang yang lebih luas akan lebih menarik jika ditambahkan meja ditengahnya. Fungsi meja bisa macam-macam, sebagai tempat memasak, tempat menyiapkan memasak, atau meja untuk bersosialisasi sambil mengawasi anak-anak. Jika ruang yang tersedia cukup luas, bisa pula ditambahkan area untuk anak-anak bermain sehingga mempermudah pengawasan anak.
duta meubels

Jika memiliki ruang yang lebih luas lagi layout ‘U’ bisa dikembangkan menjadi layout ‘G’. Di ujung sudut U ditambahkan satu tempat untuk melintang tapi jangan sampai terlalu panjang, minimal sisakan 1,5 meter untuk jalan. Sudut tambahan ini biasanya digunakan sebagai tempat duduk untuk sarapan atau bersosialisasi. Atau mungkin juga menyulap sudut tambahan ini menjadi mini bar.
duta meubels

Layout dapur yang paling populer adalah bentuk ‘L’ karena dapur dengan bentuk ini lebih leluasa untuk dikombinasikan dengan ruang dengan fungsi yang berbeda. Jika ruang yang tersedia cukup luas, bisa juga ditambahkan meja makan.
duta meubels

Berbagai macam layout di atas merupakan bentuk dasar dari dapur dan bentuk-bentuk tersebut sebaiknya disesuaikan dengan luas ruangan, selera, dan perabotan yang akan mengisi dapur tersebut. Pertimbangkan juga besar atau kecil alat elektronik seperti lemari es, karena jika terlalu besar bisa jadi memakan ruang dapur tersebut. Lebih baik lagi jika dibuat daftar perabotan yang akan mengisi dapur dan lemari dapur tersebut.
duta meubels

Yang tidak bisa dilepaskan dari merencanakan sebuah dapur adalah fungsinya. Oleh karena itu dalam merencanakan sebuah dapur fungsi kenyamanan dalam melakukan pekerjaan masak-memasak harus diutamakan selain keindahan dan kebersihannya. Jadi, selamat merencanakan ruang untuk memasak.